News

HomeGamificationTraining Gamification: The Emotion Of Engagement
business training

Training Gamification: The Emotion Of Engagement

Designing Digitally published an article about the relation between gamification and human’s emotion also its relation in corporate training:

Kunci untuk pemahaman mendalam dan pembelajaran sejati adalah keterlibatan. Seorang pembelajar yang tertarik akan termotivasi untuk menaruh lebih banyak usaha dan keinginan untuk belajar. Inilah yang menjadi salah satu alasasn mengapa gamification dalam training menjadi efektif. Gamification memperkenalkan elemen bermain dalam lingkungan yang bukan game. Hal yang membosankan bisa dibuat menjadi lebih menarik. Ketika dilihat lebih dalam, ternyata gamification banyak didorong oleh emosi.

Beberapa emosi manusia yang berkaitan dengan gamification adalah:

Pengakuan
Semua orang senang untuk diperhatikan karena hal positif yang mereka capai. Hadiah, level dan papan peringkat menyediakan semua pengakuan bagi yang telah menjalankan tugasnya dengan baik. Mereka akan terus berusaha untuk mencapai target dan meraih penghargaan.

Prestasi
Banyak orang yang merasa senang ketika mereka dihadapkan dengan tantangan dan mampu melewatinya. Mereka melihat tantangan dalam proses gamification sebagai suatu hal yang harus dilewati dan mereka menikmati proses dan pencapaiannya. Hadiah eksternal akan sangat diapresiasi, namun hadiah intrinsik-lah yang mendorong mereka untuk terus maju.

Kompetisi
Berlomba dengan orang lain adalah motivator yang besar bagi sebagian orang. Disinilah peran papan peringkat menjadi penting. Seorang yang kompetitif dapat melihat secara jelas dimana mereka gagal dan siapa yang perlu mereka kalahkan. Semua memiliki perasaan kompetisi, meski berbeda tingkatnya untuk tiap individunya.

Kebaikan
Gamification dapat mendorong rasa kebersamaan dan kerjasama. Ketika seseorang melihat temannya sedang kesulitan, biasanya mereka akan menawarkan bantuan. Hal ini menjadi penting terutama dalam perusahaan. Ketika setiap orang memiliki targetnya masing-masing, mereka akan saling bekerja sama untuk mencapai kesuksesan. Dengan membantu orang lain, mereka juga membantu diri sendiri dan kebaikan dalam bisnis.

Read the complete article here.

Posted by
The author didnt add any Information to his profile yet

Leave a Comment