News

HomeGamificationIs Gamification the Solution to Productivity Woes?
fun work

Is Gamification the Solution to Productivity Woes?

Sunsoft published an article abaout the relation between gamification and productivity increase in workplace:

Gamification adalah sebuah industri yang sudah ada sejak tahun 2003 namun baru-baru ini mendapatkan banyak perhatian. Secara esensi, gamification adalah proses desain yang mengambil perilaku manusia dan efisiensinya dibandingkan melihat dari keefektivan sistem keseluruhan. Gamification bekerja lebih dalam dari hanya sekedar memberikan poin dan level kepada pekerja. Beberapa keuntungan dalam sisi produktivitas karyawan bisa didapat dengan mengadaptasi gamification ke dalam lingkungan kerja.

Meningkatkan semangat kerja karyawan
Sebelum kita melihat manfaat yang bisa diambil dari gamification, mari membahas prinsip dan mekanika kritikal yang membangun filosofi gamification. Tujuan, lencana, kenaikan level, kompetisi, kolaborasi, komunitas, poin, target, transparansi serta umpan balik cepat. Penting untuk dicatat bahwa agar gamification dapat berjalan dengan baik, partisipasi karyawan harus bersifat sukarela. Karyawan yang mengadopsi filosofi gamification cenderung tidak pergi, lebih cenderung berusaha lebih keras, dan berkinerja kerja lebih baik, yang mengarah pada peningkatan kebahagiaan dan profitabilitas dalam sebuah organisasi.

Mendorong kemauan belajar
Dengan memperkenalkan gamification lingkungan kerja, karyawan dan pihak terkait harus segera mengenal teknologi terkini yang dapat digunakan di bidang profesional mereka dengan cara yang menarik dan menyenangkan. Menggabungkan pemaparan ini dengan sistem poin dan hadiah yang biasa digunakan dalam proses gamification, karyawan yakin akan menjadi jauh lebih produktif di tempat kerja dan juga lebih kreatif.

Mendorong kompetisi sehat dan mengurangi stres
Sistem poin dan hadiah yang umum digunakan di banyak struktur perusahaan biasanya bertujuan untuk mempromosikan budaya kompetisi sehat. Karyawan menjadi termotivasi oleh pengakuan yang mereka terima melalui hadiah tersebut, yang bertindak sebagai penggerak kinerja dan hasil yang lebih baik. Hal ini juga mendorong kolaborasi antara tim dan perusahaan secara keseluruhan.

Read the complete article here.

Posted by
The author didnt add any Information to his profile yet

Leave a Comment