News

HomeGamificationHR Management and Gamification
work training

HR Management and Gamification

In an article published by Dasein, it emphasized that gamification ot only works for recruitment but also for the whole HR area:

Gamification mendapat banyak perhatian di dunia maya, terutama dalam bidang eLearning. Gamification banyak digunakan untuk melibatkan murid dalam membangun loyalitas dan menjaga mereka tetap tertarik dalam aktivitas yang dijalani. Banyak orang yang mengalami kesulitan dalam memahami bagaimana gamification bisa berdampak pada bisnis, namun sudah banyak perusahaan di dunia yang telah sukses mengimplementasikan teknik ini untuk meperbaiki performa kerja, meningkatkan penjualan dan mempertahankan karyawan.

Ketika menggunakan gamification, teknik motivasi akan digunakan dengan mengambil dari permainan tradisional serta game sosial kemudian diaplikasikan ke dalam lingkungan non-game. Hasilnya akan mirip seperti program loyalitas dan akan membantu untuk mencapai target bisnis dengan menawarkan aktivitas yang keterlibatannya tinggi serta hadiah yang dapat memotivasi karyawan. Banyak yang percaya bahwa hanya pelanggan yang termotivasi untuk loyal kepada perusahaan, padahal karyawan juga diuntungkan ketika gamification digunakan. Karyawan akan diuntungkan melalui program yang menciptakan lingkungan kerja dimana mereka merasa dihargai untuk usaha yang dilakukan. Hal ini bisa melebihi standar gaji dan keuntungan karyawan.

Banyak orang berpikir jika gamification hanya bisa membantu dalam hal rekrutmen, namun HR dapat masuk ke dalam permainan lewat berbagai cara. Gamification memiliki potensi untuk mengubah pelatihan dalam perusahaan dan membuatnya menjadi lebih menyenangkan dan melibatkan karyawan. Game interaktif dapat digunakan untuk meningkatkan partisipasi karyawan dan mampu membuat karyawan mendapatkan konten pengetahuan dengan cara yang lebih menyenangkan dibandingkan dengan pelatihan pada umumnya. Dalam gamification, konten lama dapat diciptakan ulang menjadi lebih baru dan menarik, yang mampu memberikan pendekatan imajinatif sehingga karyawan lebih terlibat dan termotivasi.

Ketika belajar dilakukan dengan menggunakan konsep game, aktivitas tersebut menjadi lebih menyenangkan dibandingkan proses pelatihan. Seluruh pengalaman belajar dapat diperbaiki dan bisnis dapat melihat perkembangan karyawann dengan adanya sistem hadiah. Gamification dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan dalam berbagai tingkat, dan dalam bidang HR, gamification dapat menjadi salah satu alat yang paling ampuh.

Read the complete article here.

Posted by
The author didnt add any Information to his profile yet

Leave a Comment