News

HomeGamificationWhy Games Matter in Workplace Training
Employee Training Programs

Why Games Matter in Workplace Training

An article at MATRIX blog emphasizes on the impact of games to improve workplace training:

Permainan telah menemukan tempatnya di ruang training beberapa waktu yang lalu. Awalnya, mereka bertugas untuk membawa kesenangan ditengah proses belajar. Dengan berubahnya generasi saat ini, banyak pula perubahan pada norma dan aturan pembelajaran di korporat untuk mendapatkan sesi training yang lebih efektif. Alasan utamanya adalah karena tingginya minat generasi milenial pada gamification di berbagai aspek kehidupan namun kadang berbenturan dengan program pengembangan dan pembelajaran di perusahaan yang kadang masih tradisional.

Permainan mampu masuk ke dalam emosi manusia lewat kesenangan, hadiah, kompetisi, kejutan dan banyak lainnya. Mereka memiliki kapasitas untuk membuat kita bergembira dengan menggunakan alat dan peraturan yang tepat untuk mengontrol segala proses. Kegagalan adalah bagian besar dari pembelajaran, dan permainan mampu menyediakan lingkungan yang aman untuk itu. Ketika terbenam dalam dunia maya, kita merasa lebih aman dalam membuat keputusan yang tidak hanya berpengaruh pada kesuksesan namun juga mampu menyediaan kesempatan belajar yang lebih besar. Tidak seperti video dan kuis, materi belajar seperti permainan dapat mengajak mereka yang sedang belajar untuk kembali dan berlatih.

Science Daily mempublikasikan sebuah kesimpulan dari studi yang dilakukan University of Colorado Denver Business School yang menyatakan bahwa mereka yang belatih dengan menggunakan permainan melakukan pekerjaannya lebih baik, memiliki keahlian yang lebih tinggi dan mampu mempertahankan informasi lebih lama diibandingkan karyawan yang bekerja di lingkungan yang pasif dan kurang interaktif. Salah satu kesimpulan yang juga penting adalah bahwa semua permainan simulasi haruslah mampu menarik dan melibatkan semua elemen sehingga orang yang terlibat dapat berpartisipasi secara aktif.

Read the complete article here.

Posted by
The author didnt add any Information to his profile yet

Leave a Comment