News

HomeGamificationGamification: Playing Your Way to Better Employee Engagement
Employee Training

Gamification: Playing Your Way to Better Employee Engagement

GetHppy published an article about achieving better employee engagement using gamification:

Dari hasil riset Gallup, kinerja kerja karyawan yang 147% lebih baik dan 37% lebih sedikit karyawan yang absen adalah keuntungan yang bisa didapat dari program keterlibatan karyawan (employee engagement) yang bagus. Namun meski hasilnya jelas, kurang dari 50% atasan perusahaan yang tahu cara memperbaikinya. Dan gamification bisa menjadi salah satu caranya.

Gamification adalah tren yang sedang berkembang dalam lingkup keterlibatan karyawan yang menggunakan lingkungan digital untuk membantu karyawan mencapai suatu target dan tujuan. Karyawan seperti bermain game yang menawarkan poin, status dan hadiaah sambil mereka memperbaiki ketrampilan, tujuan dan target yang ingin dicapai perusahaan. Teorinya, semua orang senang bermain game dan kompetisi sehat yang berhadiah di akhir.

Jika digunakan secara efektif, gamification memberikan kelebihan yang membuat karyawan lebih terlibat di perusahan. Kelebihan tersebut antara lain adalah kolaborasi, kompetisi, poin, level, target, saran yang cepat dan transparansi. Karyawan akan termotivasi untuk belajar ketrampilan, perilaku dan cara berpikir baru dalam menyelesaikan masalah dengan cara memecah pekerjaan yang kompleks menjadi pekerjaan kecil yang lebih mudah dipelajari bagi otak, tanpa stress yang berlebihan.

Sistem gamification bisa digunakan di berbagai divisi perusahaan. Divisi Learning and Development bisa menggunakan gamification untuk mempelajari ketrampilan yang baru serta mampu meningkatkan retensi dan hasil. Divisi Human Resources dapat menggunakan gamification untuk melacak dan mempelajari ulang performa kerja karyawan, menciptakan ketrampilan kepemimpinan, dan menyediakan apresiasi. Selain itu gamification bisa digunakan untuk meningkatkan kerjasama dan kreativitas tim serta mengingatkan kembali karyawan tentang budaya perusahaan.

Read the complete article here.

Posted by
The author didnt add any Information to his profile yet

Leave a Comment