News

HomeGamificationHow Gamification Changed the Rules of the Game
Teamwork in the office

How Gamification Changed the Rules of the Game

Netherlands Romanian Chamber of Commerce posted an article about how gamification can help motvatigng employee to engage better in company:

Survey yang dilakukan oleh Gallup menunjukkan secara global 70% karyawan tidak merasa terlibat dalam pekerjaannya. Hasil yang mirip ditunjukkan oleh Deloitte, dimana lebih dari 87% manajer HR dan profesional di dunia mengalami peningkatan pada kurangnya keterlibatan karyawan di perusahaan. Di Eropa, keterlibatan karyawan semakin rendah, dengan rata-rata hanya 16% karyawan yang terlibat dengan aktivitas yang mereka lakukan di kantor, 68% karyawan tidak ikut beraktivitas dan 24% tidak terlibat dan telah menyampaikan keluhannya ke atasan.

Dalam konteks sosial, metode tradisional dalam memotivasi karyawan semakin kurang berhasil dan makin tergantikan. Perusahaan dipaksa untuk fokus pada pendekatan yang inovatif serta mengadaptsi profil psikologi generasi saat ini. Salah satu instrumen modern yang sukses dalam meningkatkan tingkat keterlibatan karyawan adalah gamification. Gamification berarti mengintegrasikan konsep dan elemen game ke dalam proses organisasi, seperti rekrutmen, training dan pengembangan untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan karyawan.

Gamification dilakukan berdasarkan psikologi motivasi, yang berkaitan dengan dopamin dan hadiah. Dopamin adalah neurotransmitter yang dihasilkan secara alami oleh otak dan berperan penting dalam tingkat kebahagiaan manusia. Otak memproduksi dopamin setiap kali kita melakukan hal yang menyenangkan, termasuk mendapat hadiah. Dalam hal produktivitas, semakin banyak orang yang mencapai target, semakin banyak dopamin yang diproduksi dan karyawan akan tetap termotivasi. Gamification bekerja dalam hal ini dengan menyediakan hadiah kecil untuk mereka yang menyelesaikan tugas dan pekerjaan sederhana.

Read the complete article here.

Posted by
The author didnt add any Information to his profile yet

Leave a Comment