News

HomeGamificationGamification in Business
standard-image

Gamification in Business

In their business column, Manila Times released an article about implementing gamification in business industry:

Apakah anda pernah mendengar tentang “gamification”? Istilah ini dapat didefiniskan sebagai penambahan elemen seperti game kedalam pekerjaan sehari-hari untuk mendorong tumbuhnya partisipasi. Konsep penggunaan game untuk menumbuhkan kolaborasi motivasi belajar sudah banyak diterapkan dalam sistem pendidikan, namun kini mulai memasuki industri bisnis. Gamification mulai digunakan untuk meningkatkan produktivias dan memotivasi karyawan.

Sebagai konsep, gamification telah hadir selama ratusan tahun dalam bentuk yang lain. Sebuah karya tulis dari Mark J. Nelson menyatakan bahwa gamification telah digunakan di Uni Soviet di awal abad 20. Kemudian muncul kembali saat pergantian abad 21 sebagai konsep penggunaan mekanik game ke dalam pekerjaan untuk menciptakan suasana kerja yang menyenangkan.

Dalam tingkat tertentu, menggunakan konsep gamification di industri bisnis memiliki arti orang-orang yang terlibat dalam bisnis tersebut perlu mengubah jalan pikir mereka tentang pekerjaan tersebut. Inti dari konsep gamification berkisar pada persepsi individu pada kesuksesan sebuah grup dan perusahaan sebagai suatu kesatuan. Fakta bahwa gamification dilakukan dengan menggunakaan mekanik game, seperti penghargaan dan pemberian hadiah, ke dalam struktur kerja dapat diartikan bahwa bisnis yang ingin berkembang bisa melihat “permainan” apa yang ingin mereka bentuk di dalam perusahaan.

Read the complete article here.

Posted by
The author didnt add any Information to his profile yet

Leave a Comment