News

HomeGamificationThe Power of Play: How Companies are Using Gamification to Build Engagement
Happy Workplace 1

The Power of Play: How Companies are Using Gamification to Build Engagement

Financial Post released an article about how to build employee engagement through gamification:

Banyak perusahaan di Amerika Utara yang merasakan kesulitan dalam melakukan lebih banyak penghematan biaya dari operasi dan lebih banyak pendapatan tambahan dari pelanggan. Dalam dunia global, hanya bersikap efisien dan memiliki produk yang bagus tidak lagi menjadi formula kemenangan. Di beberapa sektor dewasa seperti layanan keuangan, telekomunikasi dan IT, satu-satunya pembeda yang tersisa mungkin adalah produktivitas pekerja dan loyalitas merek yang lebih tinggi, yang dapat diwujudkan melalui keterlibatan dan antusiasme pelanggan dan karyawan. Di sinilah Gamification bisa berperan. Pendekatan ini memanfaatkan prinsip dan teknik perancangan game dalam lingkungan bisnis untuk mempengaruhi perilaku. Banyak perusahaan dinamis seperti Microsoft, Commonwealth Bank, Nike dan SAP telah menggunakan prinsip game untuk meningkatkan kinerja bisnis dan keuangan.

Pada dasarnya, Gamification terlihat dapat mengubah individu yang tidak terlibat menjadi peserta aktif dan produktif dengan menggunakan kompetisi sosial yang menyenangkan, bukan penghargaan yang biner dan hukuman. Menggunakan permainan dalam lingkungan perusahaan dapat membuat seseorang mengalami perubahan perilaku, daripada hanya mendengar pesan satu arah secara pasif. Jika seseorang menjalani pengalaman ini secara rutin, mereka dapat dengan menciptakan kenangan yang akan terus menempel mengenai perubahan yang diinginkan. Gamification bekerja karena ia sampai pada esensi perilaku manusia, memadukan ekonomi perilaku, ilmu motivasi, dan penyelarasan dorongan individu dan penghargaan dengan tujuan perusahaan.

Akar dari Gamification berasal dari industri game yang telah dikenal dapat mengaitkan dan mempertahankan minat individu dan membuat mereka melakukan hal-hal yang mungkin enggan dilakukan. Bermain adalah aktivitas manusia yang ada sejak dahulu kala. Bermain game telah sukses secara global dalam meningkatkan minat beli pelangga, menciptakan inovasi dalam internal perusaaan , mendukung kolaborasi antar individu dan mempercepat perubahan jangka panjang. Dari contoh tersebut, bermain game memiliki potensi untuk mengubah lingkungan pekerjaan dengan disertai persiapan yang matang.

Read the complete article here.

Posted by
The author didnt add any Information to his profile yet

Leave a Comment