News

HomeGamificationGamification: The Secret Weapon of Employee Engagement
Happy Workplace 2

Gamification: The Secret Weapon of Employee Engagement

CMS Wire published an article about using gamification in different business areas to drive employee engagement:

Saat ini, bisnis global mulai menyadari pentingnya menjalani dan mempertahankan keteribatan dalam lingkungan kerja untuk meningkatkan efisiensi dan keuntungan. Namun menurut studi yang dilakukan AON Hewitt, 4 dari 10 karyawan di seluruh dunia tidak terlibat dalam pekerjaannya, dan kurangnya keterlibatan dapat membahayakan potensi pengembangan bisnis.

Saat 70% usaha transformasi bisnis kini gagal dilakukan karena kurangnya keterlibatan, gamification memberikan jalan keluar yang mampu memulihkan keadaan. Menurut riset dari Gartner, gamification mampu menangani keterlibatan, transparansi pekerjaan dan hubungan antara aksi karyawan dengan hasil bisnis. Karenanya, banyak firma yang memprediksi gamification akan menjadi mekanisme utama dalam transformasi bisnis bagi 70% firma Global 2000 di tahun 2014 dan 40% firma Global 1000 di tahun 2015.

Tanpa memperhatikan demografi karyawan, program gamification dapat disesuaikan untuk memberikan insentif pada perilaku merea. Misalnya, pekerja muda akan lebih banyak meminta saran dan pengakuan dibanding pekerja senior. Tapi menyediakan lingkungan penuh keterlibatan haruslah hemat biaya, dan gamification mampu menyelesaikan tantangan ini.

Untuk memulai gamification terdapat beberapa divisi/area yang dapat menjadi titik awal serta memungkinkan ekspansi bisnis tanpa menghilangkan pengalaman yang menyenangkan dalam mendorong keterlibatan karyawan.

  1. Training & Pembelajaran: Program gamification sesuai untuk program training korporasi. Pemberian hadiah bagi karyawan yang telah menyelesaikan tutorial dan bimbingan lewat misi yang berhubungan dengan pengalaman belajar dapat meningkatkan retensi dan hasil. Program ini dapat digunakan untuk membimbing karyawan baru maupun karyawan senior tentang produk dan peraturan baru.
  2. Kolaborasi: Lewat gamification, perusahaan dapat memotivasi karyawan untuk berbagi, belajar dan berkembang bersama meski berasal dari divisi yang berbeda.
  3. Inovasi: Perusahaan bisa mendorong karyawan dari berbagai divisi untuk memberikan ide serta menumbuhkan inovasi lewat pemberian hadiah bagi ide atau inovasi terbaik.
  4. Budaya Perusahaan: Gamification dapat mempromosikan budaya perusahaan yang positif lewat pemberian hadiah bagi karyawan yang berkolaborasi antar divisi atau program sukarelawan.

Read the complete article here.

Posted by
The author didnt add any Information to his profile yet

Leave a Comment